Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya proses dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan proses dan keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian adalah proses dan hasil belajar. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 65 Parepare. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan memberi tindakan berupa penerapan model NHT. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil pembelajaran siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan mencapai kategori cukup dan siklus II menunjukkan kategori baik. Sebelum diterapkannya tindakan kelas, ketuntasan keaktifan belajar siswa yaitu 66.5% dan setelah diterapkannya tindakan meningkat menjadi 78.2%. disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan proses dan keaktifan belajar mata pelajaran IPAS siswa kelas V UPTD SD Negeri 65 Parepare.
Copyrights © 2025