Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): NOVEMBER

Penerapan Pembelajaran Numberead Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar IPAS Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 65 Parepare

Yulia (Unknown)
Usman (Unknown)
Ayu Eka Sundariyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya proses dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan proses dan keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian adalah proses dan hasil belajar. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 65 Parepare. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan memberi tindakan berupa penerapan model NHT. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil pembelajaran siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan mencapai kategori cukup dan siklus II menunjukkan kategori baik. Sebelum diterapkannya tindakan kelas, ketuntasan keaktifan belajar siswa yaitu 66.5% dan setelah diterapkannya tindakan meningkat menjadi 78.2%. disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan proses dan keaktifan belajar mata pelajaran IPAS siswa kelas V UPTD SD Negeri 65 Parepare.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...