JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 6 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi

Peran Pendidikan Pancasila dalam Membangun Sikap Toleransi di Lingkungan Sekolah

Azzahra, Isnaini Septa (Unknown)
Zahira, Inayah Junika (Unknown)
Kurnia, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Due to Indonesia's diversity, the values of Pancasila foster a harmonious and respectful environment. Therefore, Pancasila education plays a crucial role in fostering tolerance and harmony among students in schools. This article uses a library research method to collect data. The data sources used include books, articles, literature, and documents related to Pancasila education and efforts to improve tolerance and harmony among students in schools. The results of this study indicate that teachers play a crucial role in instilling values of tolerance in the school environment for students. The values contained in Pancasila education are also highly relevant. However, due to Indonesia's diversity, teachers face challenges in fostering an attitude of tolerance in the school environment.ABSTRAKKarena keragaman Indonesia, nilai-nilai Pancasila membangun lingkungan yang harmonis dan saling menghargai. Sehingga pendidikan Pancasila mempunyai peran krusial dalam membangun toleransi serta kerukunan peserta didik di sekolah. artikel ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengumpulkan data. Sumber data yang digunakan termasuk buku, artikel, literatur, dan dokumen yang berkaitan dengan pendidikan pancasila dan upaya untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan antar peserta didik di sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai toleransi di lingkungan sekolah bagi peserta didik. Nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan pancasila juga sangat relevan. Namun karena keberagaman yang ada di Indonesia, guru menghadapi tantangan untuk membangun sikap toleransi di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...