Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan klasifikasi level tingkatan butir soal pada latihan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). UKBI merupakan alat ukur standar kebahasaan nasional yang telah mencakup komponen menyimak sebagai salah satu aspek yang diujikan uji seksi I (mendengarkan). Keberadaan tes keterampilan menyimak sebagai salah satu aspek yang diujikan, menandakan bahwa kegiatan menyimak menjadi indikator yang sangat penting untuk menjadi perhatian. Dalam menganalisis data, penelitian ini berfokus pada pengklasifikasian level pemahaman butir soal UKBI berdasarkan 3 taksonomi menyimak reseptif, yaitu yang pertama, Taksonomi Barrett yang mengklasifikasikan level pemahaman yang terdiri atas literal comprehension, reorganization, inferential comprehension, evaluation, dan appreciation. Kedua, level pemahaman Taksonomi Facione yang mengklasifikasikan level pemahaman terdiri atas, interpretasi, analisis, evaluasi, inference, eksplanasi, dan self-regulation. Ketiga, level pemahaman Taksonomi Marzano yang mengklasifikasikan level pemahaman yang terdiri atas, knowledge utilization, analysis, comprehension, dan retrieval. Berdasarkan analisis, butir soal latihan UKBI keterampilan menyimak menunjukkan tingkatan kesulitan kognitif, dimulai dari pemahaman literal pada awal setiap stimulus. Temuan ini didukung oleh penggunaan dominan level pemahaman literal comprehension (Barrett), interpretasi (Facione), dan knowledge utilization (Marzano) dalam soal-soal UKBI.
Copyrights © 2025