Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan kerangka kerja teoretis baru melalui Strategi Menulis CERITA (Cerpen Ekspresif, Reflektif, dan Inspiratif untuk Tawa) guna meningkatkan self-awareness santri. Metode yang digunakan adalah Kajian Konseptual dan Sintesis Teoretis (Conceptual Mapping), menganalisis hubungan antara potensi Terapi Naratif, mekanisme kognitif humor, dan pemanfaatan Generatif AI. Strategi CERITA secara khusus memanfaatkan humor self-deprecation (merendahkan diri sendiri) sebagai mekanisme kognitif adaptif yang secara implisit melatih self-awareness dan self-compassion. Selain itu, proses penulisan diperkuat dengan penggunaan Generatif AI untuk mendukung brainstorming dan eksplorasi ide naratif. Hasil sintesis teoretis ini adalah Strategi CERITA, sebuah kerangka pedagogis inovatif yang menggeser fokus dari sekadar keterampilan berbahasa menjadi alat pengembangan psikososial yang relevan di tengah tuntutan kehidupan pesantren, memberikan ruang bagi santri untuk re-authoring narasi diri secara inspiratif melalui tawa.
Copyrights © 2025