Teknologi berperan sebagai katalis utama dalam mendorong inovasi pembelajaran di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ragam inovasi pembelajaran berbasis teknologi, memetakan tren kata kunci serta perkembangan publikasi, dan menganalisis implikasinya terhadap praktik pedagogis. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) berlandaskan pedoman PRISMA, melalui penetapan kriteria inklusi eksklusi, penelusuran artikel pada basis data Scopus dengan kueri “innovative AND learning” periode 2022–2025, proses penyaringan bertahap, dan analisis tematik terhadap 40 artikel open-access terpilih. Hasil kajian menunjukkan dominasi inovasi berupa penyampaian konten visual/digital storytelling dan video, disusul pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) serta teknologi imersif VR/AR. Selain itu teridentifikasi tren project-based learning, model pedagogi inovatif, pembelajaran daring, serta kerangka Education 4.0. Simpul kata kunci pusat “innovative learning” berasosiasi kuat dengan innovation, education, teaching, students, dan e-learning, dengan tren publikasi meningkat konsisten. Kesimpulannya, integrasi teknologi berpotensi meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan capaian belajar, namun mensyaratkan penguatan kompetensi guru, pengelolaan etika data, dan pemerataan infrastruktur pendidikan.
Copyrights © 2025