Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum, and Assesment
Vol 2 No 2 (2025): November

Pengaruh Penggunaan Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS

Ayu Lestari, Winda (Unknown)
Mulyono, Nono (Unknown)
Atika Sari, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Sukamaju pada materi bagian tubuh tumbuhan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Instrument yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal, disusun berdasarkan indikator capaian pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired sampel t-test melalui perangkat lunak SPSS versi 30. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai siswa dari 55,04 saat pretest menjadi 79,96 saat posttest. Penurunan standar deviasi dari 13,63 menjadi 8,35 juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menjadi lebih merata. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, sedangkan uji hipotests menunjukkan nilai signifikan p<0,0001, yang mengindikasikan perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest. Dengan demikian, penerapan metode outdoor learning berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara kognitif, serta mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan kontestual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeesica

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Focus and Scope The aim of the Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum, and Assesment is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, ...