Axiology
Vol. 2 No. 2 (2025): AXIOLOGY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

Funread (Fun Reading Activities): Metode Interaktif untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik di UPT SPF SMP NEGERI 33 Makassar

Ahmad Thalib (Unknown)
Munir (Unknown)
Muhammad Rifqi Syamsuddin (Unknown)
Muhammad Safar Nur (Unknown)
Ardiansyah Ahmad (Unknown)
Al Fitri Ramdhani Suciati (Unknown)
Yuyunk Juliarti (Unknown)
Divandra Septialinda Yamin Nur (Unknown)
Dana Damayanti Rasyid (Unknown)
Muslimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Funread (Fun Reading Activities) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di UPT SPF SMP Negeri 33 Makassar. Membaca merupakan keterampilan literasi penting yang membentuk pola pikir kritis dan kreatif peserta didik. Namun, banyak siswa menganggap kegiatan membaca membosankan akibat metode pengajaran yang monoton. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan pendekatan interaktif melalui Funread yang melibatkan aktivitas menarik seperti paragraf acak, tebak kata kunci, membaca dialog, dan cerita bergilir. Kegiatan dilaksanakan dengan desain pretest-posttest pada beberapa kelas terpilih (VIII G dan VIII H) selama beberapa sesi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman membaca dan motivasi siswa. Mereka menjadi lebih aktif, kolaboratif, dan percaya diri dalam memahami teks. Hal ini menunjukkan bahwa pengintegrasian unsur menyenangkan dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa. Guru disarankan untuk menerapkan strategi serupa guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan bermakna. Evaluasi lebih lanjut disarankan untuk pengembangan program di berbagai konteks pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AXIOLOGY

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Axiology: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan media publikasi ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan ...