Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Funread (Fun Reading Activities) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di UPT SPF SMP Negeri 33 Makassar. Membaca merupakan keterampilan literasi penting yang membentuk pola pikir kritis dan kreatif peserta didik. Namun, banyak siswa menganggap kegiatan membaca membosankan akibat metode pengajaran yang monoton. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan pendekatan interaktif melalui Funread yang melibatkan aktivitas menarik seperti paragraf acak, tebak kata kunci, membaca dialog, dan cerita bergilir. Kegiatan dilaksanakan dengan desain pretest-posttest pada beberapa kelas terpilih (VIII G dan VIII H) selama beberapa sesi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman membaca dan motivasi siswa. Mereka menjadi lebih aktif, kolaboratif, dan percaya diri dalam memahami teks. Hal ini menunjukkan bahwa pengintegrasian unsur menyenangkan dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa. Guru disarankan untuk menerapkan strategi serupa guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan bermakna. Evaluasi lebih lanjut disarankan untuk pengembangan program di berbagai konteks pembelajaran.
Copyrights © 2025