Penguasaan Bahasa Inggris, khususnya kosakata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar), merupakan fondasi krusial bagi siswa di era global. Namun, observasi di SMPN 5 Makassar menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam kedua aspek tersebut, yang diperparah dengan anggapan bahwa Bahasa Inggris itu sulit dan membosankan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan tata bahasa siswa, serta meningkatkan motivasi belajar mereka. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif dengan pendekatan Fun Learning dan Communicative Language Teaching (CLT), yang mengintegrasikan permainan edukatif (games), kuis interaktif (Kahoot!), dan role-playing. Peserta kegiatan adalah 40 siswa kelas VIII. Evaluasi menggunakan instrumen pre-test dan post-test untuk mengukur kompetensi, serta kuesioner motivasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan: nilai rata-rata kosakata meningkat dari 50,2 menjadi 78,5, dan nilai rata-rata tata bahasa meningkat dari 45,8 menjadi 72,0. Selain itu, 90% siswa menyatakan kegiatan ini sangat menyenangkan dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Pelatihan ini berhasil mengubah persepsi siswa dan memberikan dampak positif pada keterampilan dasar Bahasa Inggris mereka.
Copyrights © 2025