Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 6 (2025): Desember 2025 - Januari 2026

Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Literasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar

Azzahrawani, Fatharisa (Unknown)
Pos Pos, Maymunah (Unknown)
Kholilah, Nur (Unknown)
Maharani, Putri (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Wahyuni, Seri (Unknown)
Ketaren, Maya Alemina (Unknown)
Ilmy, Wahyu Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peran integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika sekolah dasar sebagai upaya peningkatan literasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kajian dilakukan melalui studi literatur terhadap berbagai sumber ilmiah yang membahas hubungan antara budaya lokal dan konsep-konsep matematika. Hasil sintesis menunjukkan bahwa penggunaan konteks budaya seperti pola tenun tradisional, rumah adat, permainan lokal, dan sistem pengukuran tradisional mampu menjembatani konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami. Pendekatan etnomatematika juga terbukti meningkatkan motivasi belajar, kemampuan bernalar, serta keterlibatan siswa dalam memecahkan masalah autentik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan sumber belajar dan pemahaman guru dalam mengintegrasikan budaya ke dalam pembelajaran, manfaat yang ditawarkan jauh lebih besar. Secara keseluruhan, etnomatematika dapat dijadikan strategi pembelajaran yang efektif dan selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka dalam membangun pembelajaran kontekstual serta memperkuat profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...