Penelitian ini bertujuan menganalisis peran integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika sekolah dasar sebagai upaya peningkatan literasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kajian dilakukan melalui studi literatur terhadap berbagai sumber ilmiah yang membahas hubungan antara budaya lokal dan konsep-konsep matematika. Hasil sintesis menunjukkan bahwa penggunaan konteks budaya seperti pola tenun tradisional, rumah adat, permainan lokal, dan sistem pengukuran tradisional mampu menjembatani konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami. Pendekatan etnomatematika juga terbukti meningkatkan motivasi belajar, kemampuan bernalar, serta keterlibatan siswa dalam memecahkan masalah autentik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan sumber belajar dan pemahaman guru dalam mengintegrasikan budaya ke dalam pembelajaran, manfaat yang ditawarkan jauh lebih besar. Secara keseluruhan, etnomatematika dapat dijadikan strategi pembelajaran yang efektif dan selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka dalam membangun pembelajaran kontekstual serta memperkuat profil Pelajar Pancasila.
Copyrights © 2025