Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana influencer micro-local dapat diterapkan sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness UMKM gelang di kawasan wisata Sunan Ampel. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara bersama pemilik UMKM gelang dan micro-local influencer di daerah Ampel, serta analisis konten media sosial influencer. Hasil menunjukkan bahwa influencer micro-local mampu meningkatkan visibilitas merek melalui konten yang relevan secara geografis dan budaya lokal, membangun kepercayaan dengan audiens lokal, dan menciptakan interaksi yang lebih personal. Penelitian ini menegaskan bahwa influencer lokal mikro adalah aset strategis untuk pengembangan UMKM lokal di kawasan wisata, terutama dalam konteks brand awareness. Rekomendasi diberikan bagi UMKM untuk menjalin kerja sama jangka panjang dengan influencer lokal dan memanfaatkan konten yang menyentuh aspek kearifan lokal.
Copyrights © 2025