Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan Collaboration dan hasil belajar dari penerapan model pembelajaran Game-Based Learning menggunakan media digital QuizWhizzer. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa pada kelas X MIPA 3. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik lembar observasi untuk mengetahui keterampilan Collaboration dan tes berupa 10 butir soal esai untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan Collaboration siswa meningkat dari 80,00% (cukup) pada pertemuan pertama menjadi 83,20% (baik) pada pertemuan kedua dan 84,00% (baik) pada pertemuan ketiga, sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan signifikan dengan nilai signifikansi 0,059 > 0,05, uji Paired Sample T-test 0,000, dan nilai N-Gain 0,6238 kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Game-Based Learning menggunakan media digital QuizWhizzer meningkatkan keterampilan Collaboration dan hasil belajar siswa SMA.
Copyrights © 2025