Al I'tibar Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12 No 3 (2025): Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam

Implementasi Interaksi Sosial Pendidikan Islam pada MIN 1 Kota Prabumulih

Ruslaini, Ruslaini (Unknown)
Ahmad Zainuri (Unknown)
Saipul Annur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan interaksi sosial  penerapan interaksi sosial yang berlandaskan nilai-nilai pendidikan Islam di MIN 1 Kota Prabumulih. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif studi kasus, dengan fokus pada hubungan antar siswa, hubungan antara siswa dan guru, serta hubungan antara pihak sekolah dan orang tua. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara semi terstruktur terhadap sepuluh subjek. Pertanyaan wawancara disusun berdasarkan aspek-aspek interaksi sosial, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial dalam lingkungan sekolah telah mencerminkan nilai-nilai Islami, seperti saling menghormati, tanggung jawab, tolong-menolong, dan kedisiplinan. Nilai-nilai tersebut tampak dalam kegiatan belajar kelompok maupun kerja sama siswa dalam menjaga kebersihan kelas. Selain itu, komunikasi terbuka, pemberian motivasi, serta kegiatan keagamaan seperti pembacaan Surah Yasin dan pelaksanaan Salat Dhuha berjemaah memperlihatkan hubungan positif antara guru dan peserta didik. Secara keseluruhan, hubungan yang dilandasi nilai-nilai Islam tersebut menjadi elemen penting dalam pembentukan karakter siswa di MIN 1 Kota Prabumulih.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al I`tibar Jurnal Pendidikan Islam is a Islamic education journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Islamic Education Innovation and ...