Penelitian ini bertujuan untuk merancang User interface (UI) dan User Experience (UX) pada aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA) Universitas Negeri Makassar berbasis mobile, dengan menerapkan pendekatan Design Thinking. Metode ini melibatkan lima tahapan utama, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Testing, yang masing-masing dirancang untuk memahami kebutuhan pengguna dan menghasilkan solusi desain yang tepat sasaran. Rancangan antarmuka yang dihasilkan memfasilitasi akses terhadap berbagai layanan akademik, seperti registrasi akademik, informasi kampus, pembayaran UKT, data nilai, serta berbagai informasi perkuliahan lainnya, dengan tampilan yang intuitif dan mudah digunakan. Hasil pengujian berdasarkan standar ISO 9241-11 menunjukkan bahwa aplikasi memiliki tingkat efektivitas yang optimal dengan tingkat keberhasilan tugas mencapai 100% dan tingkat kesalahan yang sangat rendah yaitu di bawah 3%. Dari aspek efisiensi, pengguna mampu menyelesaikan rata-rata 0,473 tugas per detik, menandakan interaksi antarmuka berjalan lancar dan cepat. Selain itu, tingkat kepuasan pengguna yang diukur menggunakan metode System Usability Scale (SUS) memperoleh skor sebesar 97,625, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Penelitian ini terbatas pada tahap perancangan dan evaluasi antarmuka dalam bentuk Prototype non-fungsional, sehingga belum mencakup implementasi sistem secara menyeluruh. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa rancangan antarmuka yang dihasilkan telah memenuhi standar kegunaan, kenyamanan, dan efisiensi yang diharapkan dari sebuah aplikasi akademik berbasis mobile.
Copyrights © 2025