Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TEINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DIAGRAM PENCAR

Zulfia, Sefrina Zakiyatu (Unknown)
Yudi, Usman (Unknown)
Yanti, Aning Wida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran ekspositori melalui metode ceramah dan tanya jawab yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika pada materi Diagram Pencar, serta menganalisis kontribusinya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus yang dilaksanakan di SMA Al-Falah Ketintang Surabaya pada siswa kelas XI A1 sebanyak 18 orang. Data diperoleh melalui angket motivasi belajar dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran ekspositori terintegrasi nilai keislaman dilakukan melalui kegiatan doa bersama, pemberian motivasi dengan ayat Al-Qur’an, serta latihan soal kontekstual berbasis nilai spiritual. Hasil angket menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari 22,2% kategori tinggi sebelum pembelajaran menjadi 55,6% setelah pembelajaran, serta penurunan kategori rendah dari 22,2% menjadi 5,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran ekspositori yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman dapat meningkatkan motivasi belajar matematika karena menumbuhkan kesadaran bahwa belajar merupakan bagian dari ibadah dan pengamalan nilai spiritual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...