Game online dan media sosial merupakan dua di antara sekian banyak teknologi yang digandrungi oleh dan mempengaruhi kinerja siswa di sekolah. Penelitian ex-post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online dan intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Sampel sebanyak 100 orang diambil secara acak sederhana dari populasi yang mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Gowa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan ujian tengah semester, kemudian diolah dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecanduan game online, intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika siswa, dan motivasi belajar matematika siswa berada pada kategori sedang, sedangkan hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup. Adapun hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa kecanduan game online berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar matematika; intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar matematika; tetapi kecanduan game online dan intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika berpengaruh signifikan secara simultan terhadap motivasi belajar. Selain itu, ditemukan bahwa kecanduan game online dan intensitas penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika, baik secara sendiri-sendiri maupun secara simultan. Kesimpulannya, kecanduan game online dan intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa.
Copyrights © 2025