Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE DAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Sabri, Sabri (Unknown)
Septiani, Dina (Unknown)
Djam'an, Nurwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2025

Abstract

Game online dan media sosial merupakan dua di antara sekian banyak teknologi yang digandrungi oleh dan mempengaruhi kinerja siswa di sekolah.  Penelitian ex-post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online dan intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Sampel  sebanyak 100 orang diambil secara acak sederhana dari populasi yang mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Gowa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan ujian tengah semester, kemudian diolah dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecanduan game online, intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika siswa, dan motivasi belajar matematika siswa berada pada kategori sedang, sedangkan hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup. Adapun hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa kecanduan game online berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar matematika; intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar matematika; tetapi kecanduan game online dan intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika berpengaruh signifikan secara simultan terhadap motivasi belajar. Selain itu, ditemukan bahwa kecanduan game online dan intensitas penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika, baik secara sendiri-sendiri maupun secara simultan. Kesimpulannya, kecanduan game online dan intensitas penggunaan media sosial untuk pembelajaran matematika berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...