Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan pengelolaan lembaga Baby Daycare Siti Walidah Pekanbaru melalui integrasi pendekatan psikologi dan teknologi informasi. Permasalahan utama yang dihadapi mitra meliputi rendahnya pemahaman pengasuh terhadap konsep pengasuhan ramah anak serta pencegahan perilaku bullying, disertai dengan sistem manajemen yang masih dilakukan secara manual sehingga kurang efisien dan tidak terdokumentasi dengan baik. Untuk menjawab permasalahan tersebut, tim dosen dari Universitas Muhammadiyah Riau melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan dengan fokus pada dua aspek utama, yaitu peningkatan kapasitas psikologis pengasuh dan penerapan sistem digital sederhana untuk administrasi daycare. Metode kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif melalui workshop, simulasi, dan pendampingan langsung. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata sebesar 35% dalam pemahaman peserta terhadap konsep positive parenting dan anti-bullying approach. Selain itu, penerapan sistem digital berhasil meningkatkan efisiensi waktu pencatatan hingga 40%, serta memperkuat komunikasi antara pengelola daycare dan orang tua secara lebih efektif dan transparan. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi pengasuh, efisiensi kelembagaan, serta terwujudnya lingkungan pengasuhan yang ramah anak dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Dengan demikian, sinergi antara bidang psikologi dan teknologi informasi dapat menjadi model strategis dalam pengembangan daycare modern yang berorientasi pada kesejahteraan dan tumbuh kembang anak di era digital.
Copyrights © 2025