Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Vol. 9 No. 2 (2025)

PERILAKU PENGAMBILAN KEPUTUSAN CALON MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Perguruan Tinggi Kota Jayapura)

Setiarini, Neni (Unknown)
Cipta, Farel (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh media sosial terhadap perilaku pengambilan keputusan calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi di Kota Jayapura. Meskipun media sosial semakin menjadi sumber informasi penting bagi generasi Z. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei kepada 100 siswa kelas XII dari sekolah negeri dan swasta, penelitian ini menilai dua variabel utama: media sosial sebagai sumber informasi dan perilaku pengambilan keputusan calon mahasiswa. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa media sosial berperan sebagai sumber informasi awal, tetapi tidak menjadi faktor utama dalam pengambilan keputusan. Reputasi kampus, program studi, biaya pendidikan, dan fasilitas menjadi pertimbangan dominan. Tingkat kepercayaan terhadap konten kampus berada pada kategori moderat, dan interaksi siswa dengan akun resmi kampus cenderung rendah. Penelitian ini menekankan perlunya peningkatan kualitas konten digital yang informatif, autentik, dan interaktif untuk memperkuat kepercayaan dan minat calon mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal includes various fields of pharmaceuticals sciences such as: Strategic Management Corporate Financial Management Regional Financial Management Human Resource Management Marketing Management Administrative Management Banking Risk Management and Insurance Management information System ...