Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan meningkatkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun pada anak usia dini berbasis lesson study di PAUD Al-Hidayah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lesson study. Subyek dalam penelitian ini yaitu 16 anak kelompok B dan para guru PAUD Al-Hidayah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tindakan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mencuci tangan dengan sabun pada anak mencapai rata-rata persentase sebesar 59% pada siklus I dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 87%. Sementara itu, hasil observasi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru pada siklus I menunjukkan rata-rata persentase sebesar 52% dan terjadi peningkatan menjadi 84% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan melalui pendekatan lesson study dapat diterapkan untuk meningkatkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun pada anak.
Copyrights © 2025