GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 3 No 05 (2025): OKTOBER 2025

MENINGKATKAN PEMAHAMAN POSITIF ANAK TERHADAP OLAHRAGA MELALUI AKTIVITAS BERBASIS PHYSICAL LITERACY

Hakim, Hikmad (Unknown)
Zulfikar, Muhammad (Unknown)
Hamzah, Alimin (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Abbas, Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Rendahnya aktivitas fisik dan dominasi perilaku sedentari pada siswa sekolah dasar menjadi permasalahan serius yang diperparah oleh minimnya pemahaman guru Pendidikan Jasmani mengenai konsep physical literacy. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman guru dan siswa di SD Inpres Rappokalling 2 Makassar melalui sosialisasi dan pendampingan aktivitas berbasis physical literacy. Kegiatan dilaksanakan melalui metode ceramah untuk penguatan konsep guru dan demonstrasi permainan modifikasi (game-based learning) yang melibatkan siswa secara langsung. Intervensi ini berhasil mengubah paradigma guru dari pendekatan teknis (drills) menjadi pendekatan holistik. Penerapan permainan yang mengintegrasikan aspek fisik, kognitif, sosial, dan psikologis terbukti meningkatkan antusiasme dan kepercayaan diri siswa secara signifikan. Pendekatan physical literacy disimpulkan efektif menjadi solusi strategis dalam membangun budaya gerak aktif dan menanggulangi gaya hidup sedentari di lingkungan sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...