Edu Geography
Vol. 13 No. 2 (2025): VOL 13 NO 2 (2025)

Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar geografi siswa SMA

Tul’Ulum, Aprilia Wulan Iza (Unknown)
Astutik, Sri (Unknown)
Nurdin, Elan Artono (Unknown)
Yushardi, Yushardi (Unknown)
Kurnianto, Fahmi Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi dilihat dari indikator C4, C5, dan C6 yang mempengaruhi hasil belajarnya. Oleh karena itu, solusi yang bisa diberikan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang dirancang melalui desain posttest only control group design. Teknik analisis data yang digunakan melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test sebesar Sig 0,000 < 0,05; b) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap hasil belajar geografi siswa SMA melalui uji hipotesis menggunakan independent sample t-test senilai Sig 0,000< 0,05. Artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Edu Geography Journal [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346 ]is a Peer Reviewer Journal published by the Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Semarang State University. Each year consists of 3 editions in April, August and November. This journal publishes 10 articles. Edu Geography ...