Mata kuliah edupreneurship sangat berperan penting bagi mahasiswa untuk menghadapi perkembangan zaman dan tantangan dalam berwirausaha pada zaman sekarang atau yang akan datang. Tujuan penulis melakukan penelitian ini untuk menjelaskan bahwa mata kuliah edupreneurship sangat berperan penting di lingkungan program studi PGMI UIN Abdurrahman Wahid. Mata kuliah ini juga bertujuan untuk membentuk kemandirian mahasiswa agar melahirkan lulusan yang berkompeten. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi pustaka (Literature Review) sebagai rancangan metodologis utama. Bidang kewirausahaan ini harus dikenalkan dalam dunia pendidikan, upaya tersebut untuk mengembangkan dan menanamkan karakter kewirausahaan dan kemandirian pada mahasiswa PGMI. Edupreneurship adalah pendekatan pendidikan yang paling relevan untuk membangun sifat kewirausahaan dan kemandirian kepada mahasiswa, hal ini menekankan pengembangan kreativitas, inovasi, dan keberanian mengambil risiko sebagai karakter utama calon pendidik. Melalui mata kuliah edupreneurship, mahasiswa dilatih tidak hanya teori saja tetapi juga dalam praktik kewirausahaan yang aplikatif, mempersiapkan mereka menjadi guru yang mampu menciptakan peluang. Dengan adanya hal ini mahasiswa dibekali keterampilan problem solving sehingga dapat menghadapi tantangan dan menciptakan peluang di bidang pendidikan.
Copyrights © 2025