Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan modul ajar sistem peredaran darah manusia berbasis Constructivist Teaching Sequence (CTS) berbantuan Augmented Reality (AR) pada kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dilaksanakan sampai tahap pengembangan dan uji coba terbatas. Hasil validasi menunjukkan modul ajar sangat valid dengan persentase 88,3% dari ahli materi dan 93,6% dari ahli media. Kepraktisan modul juga sangat baik, ditunjukkan oleh keterlaksanaan pembelajaran sebesar 94%, aktivitas peserta didik 74,73%, respon guru 88,5%, dan respon peserta didik 88%. Hasil belajar meningkat dari rata-rata pretest 35 menjadi 73 pada posttest, dengan nilai N-Gain 0,60 (kategori sedang). Dengan demikian, modul ajar berbasis CTS berbantuan AR dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran di SMA.
Copyrights © 2025