Menulis merupakan keterampilan bahasa yang esensial, terutama dalam aspek linguistik seperti struktur kalimat, pilihan kata (diksi), ejaan, dan koherensi. Namun, penilaian yang ada seringkali tidak spesifik dalam mengukur keterampilan linguistik siswa secara keseluruhan. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan instrumen penilaian keterampilan menulis linguistik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan fokus pada analisis kompetensi dasar, penyusunan grid, pengembangan item, serta penyusunan rubrik dan prosedur penilaian. Aspek linguistik yang dievaluasi meliputi struktur kalimat, pemilihan kata (diksi), dan ejaan. Meskipun alat ukur ini belum diverifikasi oleh ahli, namun dirancang berdasarkan prinsip validitas konten yang relevan dengan kurikulum. Alat ukur penilaian ini diharapkan menjadi acuan bagi pendidik untuk penilaian yang lebih objektif dan terstruktur, serta meningkatkan kualitas penulisan siswa
Copyrights © 2025