Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Rancangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Kebahasaan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Ramadani Putri, Yusriani Febrian (Unknown)
Harsiati, Titik (Unknown)
Basuki, Imam Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Menulis merupakan keterampilan bahasa yang esensial, terutama dalam aspek linguistik seperti struktur kalimat, pilihan kata (diksi), ejaan, dan koherensi. Namun, penilaian yang ada seringkali tidak spesifik dalam mengukur keterampilan linguistik siswa secara keseluruhan. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan instrumen penilaian keterampilan menulis linguistik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan fokus pada analisis kompetensi dasar, penyusunan grid, pengembangan item, serta penyusunan rubrik dan prosedur penilaian. Aspek linguistik yang dievaluasi meliputi struktur kalimat, pemilihan kata (diksi), dan ejaan. Meskipun alat ukur ini belum diverifikasi oleh ahli, namun dirancang berdasarkan prinsip validitas konten yang relevan dengan kurikulum. Alat ukur penilaian ini diharapkan menjadi acuan bagi pendidik untuk penilaian yang lebih objektif dan terstruktur, serta meningkatkan kualitas penulisan siswa  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalcerdik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Topik artikel ilmiah yang akan diproses dan diterbitkan adalah bidang pendidikan dan pengajaran. Topik ini tidak dibatasi pada satu bidang pendidikan dan pengajaran saja, tetapi pada seluruh jenjang pendidikan dan pengajaran. Lingkup Topik Berdasarkan Tingkat Pendidikan: Pendidikan Anak Usia Dini ...