SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 9, No 6 (2025): November (In Progress)

Pendampingan bahasa inggris dan konten digital bagi anggota pokdarwis sebagai upaya mendukung promosi pariwisata Pantai Impos

Ariyani, Etika (Unknown)
Ilham, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Abstrak Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan keterampilan pembuatan konten digital bagi anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Impos sebagai upaya mendukung promosi pariwisata berbasis masyarakat. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 September 2025 di kawasan Pantai Impos, Kota Mataram, dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang berusia 25–45 tahun. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif (participatory training method) yang menggabungkan penyampaian materi, simulasi percakapan (role play), praktik pembuatan konten digital, dan evaluasi menggunakan kuesioner skala Likert. Materi pelatihan mencakup bahasa Inggris dasar untuk pelayanan wisata dan teknik fotografi serta penulisan caption promosi sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam menggunakan ungkapan dasar bahasa Inggris untuk melayani wisatawan asing serta meningkatnya keterampilan mereka dalam menghasilkan konten digital yang menarik. Hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa lebih dari 70% peserta memberikan respons “sangat setuju” terhadap efektivitas kegiatan. Kegiatan ini terbukti berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata lokal dan memperkuat semangat kolaborasi antaranggota Pokdarwis. Secara keseluruhan, program ini berhasil mendorong pemberdayaan masyarakat pesisir melalui penguasaan bahasa dan literasi digital yang relevan dengan kebutuhan industri pariwisata modern. Kata kunci: Pelatihan bahasa Inggris; konten digital; Pokdarwis; promosi pariwisata; Pantai Impos AbstractThis community service activity aimed to enhance the English communication skills and digital content creation abilities of the members of the Tourism Awareness Group (Pokdarwis) at Impos Beach as part of efforts to strengthen community-based tourism promotion. The activity was conducted on September 20, 2025, at Impos Beach, Mataram City, involving 30 participants aged 25–45 years. The program adopted a participatory training method that combined lectures, role-play simulations, hands-on digital content practice, and evaluation using a Likert-scale questionnaire. The training materials covered basic English for tourism services and simple techniques in photography and caption writing for social media promotion. The results indicated significant improvement in participants’ ability to use basic English expressions to communicate with foreign visitors, as well as in their skills to produce appealing digital promotional content. The evaluation showed that over 70% of participants strongly agreed that the activity was effective and relevant to their needs. This community service successfully contributed to strengthening local tourism human resources, fostering collaboration among Pokdarwis members, and promoting community empowerment through language proficiency and digital literacy aligned with the needs of modern tourism development. Keywords: English training; digital content; Pokdarwis; tourism promotion; Impos Beach

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...