AbstrakPerkembangan dunia Pendidikan telah memasuki zaman teknologi, sehingga sebagai seorang guru harus bisa menghadapi tantangan dalam tuntutan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak dengan metode pembelajara yang inovatif, kreatif, dan modern berbasis teknologi. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah (1) kurangnya pengetahuan dan keterampilann dalam mencari bahan ajar yang efektif; (2) Kesulitan dalam membuat materii ajar yang kreatif; dan (3) minimnya keterampilan dalam membagikan materi pembelajaran secara online. Hal ini menghambat terciptanya pembelajaran yang relevan dengan tuntutan era digital. Tujuan Kegiatan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran PJOK dengan meningkatkan kapasitas guru dalam menemukan, menciptakan, dan mendistribusikan materi ajar digital yang kreatif dan inovatif. Mitra Sasaran yaitu MGMP PJOK SMP Kabupaten Jayapura sebanyak 23 orang. Metode pelaksanaan terdiri atas 6 tahap yaitu (1) Sosialisasi atau FGD untuk mendalami masalah; (2) Pemaparan Materi untuk membangun fondasi teori; (3) Pelatihan penggunaan tools digital; (4) Praktik langsung membuat media ajar; (5) pendampingan intensif; dan (6) Evaluasi untuk mengukur capaian. Hasil Kegiatan menunjukkan bahwa seluruh peserta mengikuti semua tahapan dengan tingkat partisipasi 100 %. Secara angket pretetst dan posttest bahwa Kemampuan guru meningkat signifikan, baik dalam teori (91%) maupun praktik (96%) membuat dan membagikan materi digital. Kata kunci: pembelajaran; berbasis teknologi; generasi emas AbstractThe development of the world of education has entered the technological era. Therefore, as a teacher, one must be able to face the challenge of meeting the demands to improve children's knowledge and skills through innovative, creative, and modern technology-based learning methods. The main identified problems are: (1) a lack of knowledge and skills in finding effective teaching materials; (2) difficulties in creating creative teaching materials; and (3) limited skills in distributing learning materials online. This hinders the creation of learning relevant to the demands of the digital era. The activity's objective is to optimize the use of technology in Physical Education, Sports, and Health (PJOK) learning by enhancing teachers' capacity to discover, create, and distribute creative and innovative digital teaching materials. The target partners are 23 members of the PJOK Subject Teachers' Forum (MGMP) for Junior High Schools in Jayapura Regency. The implementation method consists of 6 stages: (1) Socialization or FGD to delve into the problems; (2) Material Presentation to build a theoretical foundation; (3) Training on using digital tools; (4) Hands-on practice in creating teaching media; (5) Intensive mentoring; and (6) Evaluation to measure achievements. The results show that all participants took part in every stage with a 100% participation rate. Based on pre-test and post-test questionnaires, teacher competency increased significantly, both in theory (91%) and practice (96%), in creating and distributing digital materials. Keywords: learning; technology-based; golden generation
Copyrights © 2025