Lesson study merupakan sebuah proses pengembangan profesional guru yang berorientasi pada perbaikan proses pembelajaran di kelas sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika melalui kegiatan lesson study sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Yogyakarta dengan subjek penelitian di kelas X F. Kegiatan lesson study dilaksanakan dalam dua siklus di mana dalam satu siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan asesmen formatif siswa. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif guna mengetahui kualitas pembelajaran matematika. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan skor individu siswa dengan skor pada asesmen sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa melalui kegiatan lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Peningkatan kualitas pembelajaran ini dapat terlihat dari jumlah siswa yang aktif semakin meningkat sehingga pembelajaran tidak menjadi membosankan dan siswa antusias dalam belajar serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Copyrights © 2025