Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media permainan ludo bullying berpengaruh terhadap pemahaman bullying dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII di SMPN 13 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pra-eksperimen (pre-experimental) dengan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test. Skala yang digunakan untuk mengetahui hasil pre-test serta post-test dari sebuah instrumen pemahaman bullying yaitu skala guttman. Hasil dari pre-test yang dilakukan kepada 184 peserta didik menunjukkan terdapat 8 peserta didik yang termasuk pada pemahaman bullying rendah. Peserta didik yang memasuki pemahaman bullying rendah akan diberikan treatment dengan menggunakan media permainan ludo bullying. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.012 yang dimana berdasarkan proses pengambilan keputusan hipotesis apabila nilai Asymp. Sig. (2 tailed) < 0.05 maka hipotesis diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa pemberian treatment menggunakan media permainan ludo bullying terbukti berpengaruh terhadap pemahaman bullying.
Copyrights © 2025