Penelitian ini membahas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan laptop pribadi terhadap prestasi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Universitas Sulawesi Barat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei kepada 70 mahasiswa pendidikan Teknologi informasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert dengan indikator kepemilikan perangkat, intensitas penggunaan, kemudahan akses praktikum, dan efektivitas penggunaan laptop. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki laptop pribadi cenderung memiliki prestasi lebih tinggi. Uji korelasi menunjukkan hubungan positif yang kuat (r = 0,615; p < 0,05) antara ketersediaan laptop dan prestasi belajar. Uji regresi menghasilkan nilai R² = 0,378, menunjukkan bahwa ketersediaan laptop berkontribusi sebesar 37,8% terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menegaskan pentingnya laptop pribadi sebagai media pendukung utama dalam pembelajaran Teknologi Informasi.
Copyrights © 2025