Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan
Vol 5, No 2 (2025): Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MEROKOK SISWA DI MAN 2 GROBOGAN

Chasanah, Wiwit Cahyatil (Unknown)
Fitriana, Siti (Unknown)
Venty, Venty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Maraknya perilaku merokok yang menjadi salah satu masalah kesehatan yang masih menjadi tantangan di Indonesia. Berdasarkan data  Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2022, prevalensi merokok pada penduduk usia 13-14 tahun ke atas di Indonesia mencapai 34,8%. Penelitian ini berlokasi di MAN 2 Grobogan dengan indikasi perilaku merokok pada siswa di sekolah. Konseling kelompok menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kebiasaan perilaku merokok, dan bimbingan kelompok yang ingin diujikan adalah dengan teknik behavioral dengan perlakuan konseling secara kelompok yang berfokus untuk mengetahui perilaku siswa.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test. Sampel dalam penelitian berjumlah 10 siswa dengan teknik sampel jenuh.Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil yang diperoleh dari perbandingan hasil skor pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh setelah diberikan perlakuan menunjukkan selisih sebesar 31,3. Uji analisis dalam uji hipotesis menggunakan uji paired sample test dan diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) untuk Post-test adalah 0,000. Berdasarkan pengambilan keputusuan uji Paired sample test, nilai 0,000 0,05 maka H0: ditolak dan Ha: diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik behavioral efektif untuk menurunkan Perilaku Merokok siswa di MAN 2 Grobogan. Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Behavioral, Perilaku Merokok

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan adalah jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian yang mengimplementasikan ilmu pendidikan dalam ruang kelas. Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan April dan November. Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan diterbitkan oleh ...