Spektra : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 5 No 3 (2023): Jurnal Spektra: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

METODE PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF HADITS SEBAGAI SUMBER UTAMA PEMBELAJARAN DALAM ISLAM

Muhibuddin, Muhibuddin (Unknown)
Hidayatullah, Hidayatullah (Unknown)
Lubis, Zulkarnain (Unknown)
Anim, Sarbini (Unknown)
Fahanulloh, Farhanulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan metode pendidikan dalam perspektif hadits sebagai sumber utama pembelajaran dalam Islam. Hadits sebagai pernyataan, perbuatan, atau persetujuan Nabi Muhammad SAW menjadi landasan penting dalam pendidikan Islam. Melalui studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis, tulisan ini mengkaji beberapa metode pendidikan yang dipraktikkan Rasulullah SAW, seperti ceramah, dialog, storytelling, analogi, pengulangan, pembiasaan, pembelajaran bertahap, hingga keteladanan. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode-metode tersebut bersifat aplikatif, relevan, inklusif, dan mampu membentuk karakter peserta didik. Implikasi penelitian ini merekomendasikan integrasi metode Rasulullah dalam sistem pendidikan modern untuk memperkuat aspek nilai, etika, dan spiritualitas dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

spektra

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

FOCUS. Spektra : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial is focused on publishing the original research articles, review articles from contributors, and the current issues related to Islamic Studies and Social Studies. The main objective of Spektra : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial is to provide a platform for the ...