Penguasaan teknologi Generative Artificial Intelligence (GenAI) telah menjadi kompetensi krusial bagi pendidik di era digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital calon guru kimia melalui pelatihan pemanfaatan fitur AI pada platform Canva untuk perancangan media pembelajaran visual. Metode pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan intensif (workshop) dengan pendekatan praktik langsung (hands-on) yang diikuti oleh 15 mahasiswa calon guru kimia di Universitas Negeri Makassar. Evaluasi efektivitas pelatihan diukur menggunakan desain pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan kompetensi yang signifikan, dengan rata-rata skor meningkat dari 26,13 menjadi 43,73. Uji efektivitas menggunakan Normalized Gain (N-Gain) menghasilkan skor 0,73 (Kategori Tinggi), dan uji T-berpasangan menunjukkan signifikansi statistik yang kuat (p < 0,0001). Simpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan Canva AI terbukti efektif menjembatani kesenjangan keterampilan teknis, meningkatkan efisiensi produksi media ajar, serta memperkuat kesiapan pedagogis calon guru dalam menghadapi tuntutan kurikulum masa depan.
Copyrights © 2025