Elementary of Teacher Education Journal
Vol 2 No 1 (2025): Desember 2025

The Use of Bamboozle Media to Increase Students' Reading Interest in IPAS Subjects in Class IV of Inpres Borong Kaluku Elementary School

Ildha (Unknown)
Pagarra, Hamzah (Unknown)
Rahman, Hardianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Inpres Borong Kaluku Kabupaten Gowa. Adapun masalah yang dikaji yakni bagaimana penggunaan media Bamboozle pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan minat baca siswa?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan minat baca siswa di kelas IV SD dengan menggunakan media Bamboozle. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ilmu adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindak kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Borong Kaluku Kabupaten Gowa pada tahun ajaran 2024-2025 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat baca siswa pada mata pelajaran IPAS secara klasikal dari siklus I ke siklus II. Data prasiklus menunjukkan siswa yang berhasil mencapai ketuntasan hanya 4 orang. Pada siklus I menunjukkan peningkatan meskipun pada kedua pertemuan masih berada pada kategori cukup. Selanjutnya, pada pelaksanaan Siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, pertemuan pertama mencapai kategori baik dan meningkat menjadi kategori sangat baik pada pertemuan dua. Dengan demikian dapat disimpulkan media Bamboozle dapat meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Inpres Borong Kaluku Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

etedu

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ETEDU: Elementary of Teacher Education Journal is an academic journal focusing on research, development, and innovation in the field of elementary teacher education. The journal aims to be a platform for publishing high-quality articles that examine various aspects related to elementary education, ...