Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Analisis Faktor penyebab Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas III di SDN Telang 1

Ummah, Nabila Wardatul (Unknown)
Zuhdi, Fiki Riehaz (Unknown)
Fairus, Fairus (Unknown)
Rozie, Fachrur (Unknown)
Andini, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas III di SDN Telang 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menghambat kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh dari dua puluh tujuh siswa masih belum mampu membaca dengan lancar, bahkan beberapa di antaranya belum mengenal huruf. Faktor penghambat utama berasal dari rendahnya motivasi belajar siswa serta kurangnya pendampingan dari orang tua di rumah. Meskipun sarana dan prasarana sekolah sudah memadai, upaya peningkatan kemampuan membaca belum berjalan optimal karena siswa belum memiliki kemauan belajar yang kuat. Penelitian ini berimplikasi pada perlunya program pembelajaran remedial, peningkatan motivasi belajar, serta kerja sama antara guru dan orang tua untuk membantu siswa mengatasi kesulitan membaca permulaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...