Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar implementasi model pembelajaran matematika dalam konteks Kurikulum Merdeka. Dengan melakukan studi pustaka (library research) melalui analisis beberapa tinjauan yang relevan dengan topik yang dibahas, penelitian ini menjelaskan bagaimana para pendidik dapat meningkatkan kompetensi profesional mereka dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Selain itu, penelitian ini menyoroti perlunya inovasi dalam penerapan berbagai model pembelajaran, termasuk model kooperatif seperti jigsaw, serta kemampuan untuk memilih model yang sesuai dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw mampu membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, mempengaruhi hasil belajar dan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan landasan konseptual bagi pendidik dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam Kurikulum Merdeka secara optimal.
Copyrights © 2025