Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Penerapan Model Kooperatif Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Alfina, Alfina (Unknown)
Cahaya, Nur (Unknown)
Awalia, Nadyatul (Unknown)
Sulistiawati, Sulistiawati (Unknown)
Rasyid, Aswar (Unknown)
Abira, Abrar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar implementasi model pembelajaran matematika dalam konteks Kurikulum Merdeka. Dengan melakukan studi pustaka (library research) melalui analisis beberapa tinjauan yang relevan dengan topik yang dibahas, penelitian ini menjelaskan bagaimana para pendidik dapat meningkatkan kompetensi profesional mereka dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Selain itu, penelitian ini menyoroti perlunya inovasi dalam penerapan berbagai model pembelajaran, termasuk model kooperatif seperti jigsaw, serta kemampuan untuk memilih model yang sesuai dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw mampu membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, mempengaruhi hasil belajar dan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan landasan konseptual bagi pendidik dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam Kurikulum Merdeka secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...