Pendidikan merupakan fondasi penting bagi kehidupan manusia, tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar tetapi juga membentuk karakter dan nilai-nilai budaya. Pendidikan harus dimulai sejak dini untuk memastikan penerapan nilai-nilai tersebut di masa dewasa, serta mendukung perkembangan potensi individu dalam konteks sosialdanspiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Learning Together berbantuan media poster berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X-IPAS 3 MAS Darul Ulum Banda Aceh. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif, adapun jenis penelitian ini menggunakan Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest, dengan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampelpenelitian ini adalah siswa kelas X-IPAS 3 MAS Darul Ulum Banda Aceh yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan domukentasi. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data uji Normalitas, Homogenitas, dan Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran Learning Together berbantuan media poster secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi kelas X-IPAS 3, sebagaimana terbukti dari nilai thitung 7,05 ttabel= 1,671 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 56, sehingga Haditerima.Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Learning Together berbantuan media poster memberikan pengaruh positif yang nyata terhadap pencapaian belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X-IPAS 3 MAS Darul Ulum Banda Aceh.
Copyrights © 2025