Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa melalui tinjauan literatur sistematis. Metode yang digunakan adalah dengan menelusuri dan mensintesis artikel-artikel penelitian dari berbagai database jurnal ilmiah yang terbit dalam dekade terakhir, dengan fokus pada studi yang mengeksplorasi pemanfaatan alat-alat berbasis AI seperti chatbot, sistem umpan balik otomatis, simulator percakapan, dan aplikasi pelatihan bahasa. Hasil penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa AI berperan signifikan dalam menciptakan lingkungan latihan yang aman, personal, dan adaptif, dimana mahasiswa dapat berlatih keterampilan berbicara, menulis, presentasi, dan bahkan komunikasi nonverbal tanpa rasa cemas akan penilaian. Teknologi ini terbukti efektif dalam memberikan umpan balik yang instan dan objektif mengenai aspek-aspek spesifik seperti kosakata, tata bahasa, kelancaran, pelafalan, dan struktur ide, sehingga tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa tetapi juga mendorong pembelajaran mandiri dan percepatan penguasaan kompetensi komunikasi yang sangat krusial untuk kesiapan kerja mereka.
Copyrights © 2026