Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2025): Vol. 3 No. 2 (2025): Volume 03 Nomor 02 (Oktober 2025)

Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Guru Di Dobo Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku

Akil Musi, Muhammad (Unknown)
Afifah, Fadhilah (Unknown)
Manga, Delvhina (Unknown)
Parwoto, Parwoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan penyusunan Modul Ajar bagi guru sekolah dasar dan PAUD di Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Permasalahan utama yang dihadapi guru adalah keterbatasan pemahaman mengenai konsep Modul Ajar Kurikulum Merdeka, rendahnya keterampilan merumuskan tujuan pembelajaran, serta kurangnya kemampuan menyusun asesmen yang selaras dengan capaian pembelajaran. Kegiatan pelatihan dirancang untuk memberikan peningkatan kompetensi pedagogik melalui pendampingan intensif, diskusi, workshop, simulasi penyusunan modul, serta pre–post test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Modul Ajar secara sistematis dan aplikatif. Peserta mampu menghasilkan produk modul yang lebih lengkap, kontekstual, dan sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di Kabupaten Kepulauan Aru sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan berpusat pada peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Ininnawa

Publisher

Subject

Humanities Education Energy Engineering Public Health Social Sciences

Description

Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a scientific multidisciplinary journal published by Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to ...