Jurnal SOLMA
Vol. 14 No. 3 (2025)

Integrasi Edukasi Kesehatan Jiwa dalam Ekosistem Sekolah Dasar untuk Penguatan Karakter

Huliatunisa, Yayah (Unknown)
Budi Wijoyo, Eriyono (Unknown)
Al Ashri Nainar, Azizah (Unknown)
Purnamasari, Elly (Unknown)
Yohamintin, Yohamintin (Unknown)
Dwi Lestari, Rizkia (Unknown)
Ramadhan, Gilang (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Background: Program ini bertujuan menciptakan lingkungan yang mendukung, meningkatnya pemahaman, dan kesadaran masyarakat sekolah terhadap kesehatan jiwa, didasarkan analisis lingkungan awal, masih rendahnya pengetahuan mengenai kesehatan jiwa yang ditunjukkan pada beberapa ketidakmampuan masyarakat sekolah dalam mengidentifikasi gangguan kesehatan jiwa, berdampak pada kurangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan jiwa di lingkungan sekolah SD Muhammadiyah 04 Tangerang. Metode: Menggunakan metode edukasi, diskusi, dan tanya jawab interaktif, serta evaluasi dan tindak lanjut ketercapaian program, terhadap 37 mitra, yakni: tenaga pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan siswa.  Hasil: Kegiatan menunjukkan hasil signifikan meningkat pada pemahaman berdasarkan hasil survei sebelum (34%), dan sesudah program dilakukan (72%). Kesimpulan: Edukasi kesehatan jiwa menggunakan metode diatas efektif dapat meningkatnya pemahaman, sehingga berdampak secara jangka panjang terciptanya lingkungan SD Muhammadiyah 04 Tangerang yang sehat dan berkarakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...