Jurnal SOLMA
Vol. 14 No. 3 (2025)

Workshop Implementasi Pembuatan Google Sites dalam Mendukung Pembelajaran Interaktif bagi Guru di Sd Negeri 12 Biraeng Kec. Minasatene Kab. Pangkep

Rahmat, Muh. (Unknown)
Zaid, Muhammad (Unknown)
Yusri, Andi Yunarni (Unknown)
Razak, Firdah (Unknown)
Rustinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Latar Belakang: Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru digital di SD Negeri 12 Biraeng dengan mengajarkan penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran interaktif. Fokus pelatihan meliputi fitur dasar seperti antarmuka drag-and-drop , penambahan teks, gambar, video, dan integrasi dengan Google Forms . Para guru juga belajar mendesain halaman yang menarik dan mudah dinavigasi. Metode: Metode yang digunakan adalah kombinasi ceramah, konferensi, dan praktik langsung. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman guru dalam mengoperasikan media berbasis teknologi seperti Google Sites , yang disebabkan oleh tidak adanya pelatihan atau workshop. Hasil: Hasil kuesioner menunjukkan keberhasilan yang tinggi: 93% peserta memahami fitur dasar, 90% percaya diri mengimplementasikannya, dan 86% merasa lokakarya sangat bermanfaat. Namun, 7% peserta masih memerlukan bimbingan untuk fitur lanjutan, dan 14% menyarankan agar materi lebih fokus pada penerapan praktis di kelas. Kesimpulannya: diharapkan, lokakarya ini akan menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, interaktif, dan efektif di sekolah, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan bermanfaat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...