Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Namun, banyak guru mengalami kesulitan dalam penulisan artikel ilmiah, terutama dalam pengelolaan referensi dan sitasi. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam menulis artikel PTK melalui pemanfaatan aplikasi Mendeley. Pelatihan dilaksanakan secara daring selama lima kali pertemuan dengan melibatkan 25 guru Fisika MGMP Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif berbasis praktik langsung dan pendampingan reflektif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola referensi, melakukan sitasi otomatis, serta menyusun artikel ilmiah sesuai standar publikasi. Sebanyak 72% peserta berhasil menyusun draf artikel lengkap, dan 90% menyatakan pelatihan daring efektif meningkatkan literasi akademik digital. Kegiatan ini berkontribusi pada penguatan profesionalisme guru dan pembentukan budaya riset berbasis teknologi digital.
Copyrights © 2025