Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2025 : PROSIDING EDISI 7

Strategi Branding dan Pengembangan Kemasan Kripik Ikan Kering “Bale Bungo” dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal di Desa Lempong Kabupaten Wajo

Asmayanti, Asmayanti (Unknown)
Tahir, Sumiati (Unknown)
Halim, Nur (Unknown)
Sudarmi, Sudarmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2025

Abstract

Abstrak. Produk lokal berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian Daerah. Bale Bungo merupakan jenis ikan yang menjadi komoditas utama warga pesisir danau tempe di kabupaten Wajo, salah satunya di Desa Lempong. Upaya pelatihan dilakukan dalam mengelola ikan menjadi kripik, namun mereka masih terkendala rendahnya daya saing produk di pasar. Salah satu penyebabnya adalah minimnya kemampuan branding dan belum mengikuti tren kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat strategi branding dan pengembangan kemasan sebagai upaya peningkatan daya saing produk kripik Bale Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Riset and Development menggunakan model 4D (Define, Desain, Develop dan Diseminate) dengan menggunakan wawancara mendalam. Adapun hasil penelitian ini menemukan bahwa aspek Brand Positioning, Identify, Personality and Communication dapat meningkatkan citra merek. Aspek pengembangan kemasan menggunakan ziplock lebih praktis, desain menarik, bahan berkualitas dan informasi produk pada kemasan menjadi faktor pengembangan kemaan produk dalam peningkatan daya saing.Kata Kunci: Branding, Kemasan, Daya Saing, Produk Lokal

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...