JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Administrasi dan Supervisi Pendidikan Islam dalam Deep Learning Penerapan Bermuatan Ethno Kurikulum Berbasis Cinta pada Madrasah Ibtidaiyah

Nurjanah, Diana (Unknown)
Aisa, Aisa (Unknown)
Zainuri, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam era transformasi digital yang memerlukan integrasi komprehensif antara administrasi, supervisi, dan pembelajaran bermakna. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan administrasi serta supervisi pendidikan Islam dalam penerapan pembelajaran mendalam bermuatan etnopedagogi berbasis Kurikulum Berbasis Cinta di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik kajian pustaka yang mengintegrasikan temuan dari berbagai sumber literatur. Data dikumpulkan melalui dokumentasi sistematis dari basis data Google Scholar dan publikasi akademik kredibel dengan kriteria inklusi tahun publikasi 2021 hingga 2025. Populasi penelitian adalah keseluruhan literatur relevan tentang topik penelitian, sedangkan sampel ditentukan melalui purposive sampling dengan kriteria memiliki Digital Object Identifier (DOI) aktif. Teknik analisis data menggunakan metode analisis konten dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan coding secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi pendidikan Islam memainkan peran sentral dalam kelancaran operasional dan peningkatan kualitas pembelajaran melalui manajemen sumber daya efektif dan pengawasan komprehensif. Supervisi akademik yang terencana dapat meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran, meskipun masih terdapat tantangan dalam tindak lanjut yang optimal. Pembelajaran mendalam menawarkan pendekatan efektif untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21, namun memerlukan dukungan administratif dan supervisi yang kuat. Integrasi etnopedagogi dengan Kurikulum Berbasis Cinta menciptakan pengalaman belajar kontekstual dan bermakna yang meningkatkan motivasi serta pembentukan karakter siswa sambil memperkuat identitas kultural dan nilai-nilai spiritual. Kesimpulan penelitian adalah bahwa model integrasi komprehensif antara administrasi, supervisi, dan pembelajaran bermakna berbasis etnopedagogi merupakan pendekatan penting untuk menciptakan Madrasah Ibtidaiyah berkualitas yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat lokal dan tantangan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...