Revitalisasi Satuan Pendidikan Nonformal menjadi langkah yang strategis dalam meningkatkan mutu dan pemerataan pembelajaran, terutama di tengah kebutuhan masyarakat terhadap layanan pendidikan yang lebih layak, aman, dan inklusif. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi revitalisasi pada SPNF, dampaknya terhadap mutu dan pemerataan pembelajaran, serta tantangan yang dihadapi di lapangan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan tim revitalisasi serta analisis dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi memberikan peningkatan nyata pada kualitas lingkungan belajar, kenyamanan peserta didik, motivasi belajar, serta perluasan akses bagi warga belajar pada jalur pendidikan nonformal. Kesimpulannya, revitalisasi berperan signifikan dalam memperkuat layanan pendidikan nonformal, meskipun masih diperlukan penguatan koordinasi dan kapasitas SDM untuk mendukung keberlanjutan program.
Copyrights © 2025