JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Konsep dan Prinsip Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Sobirin, Moch. Sahril (Unknown)
Zaironi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2025

Abstract

Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan elemen fundamental dalam proses pendidikan yang bertujuan membentuk peserta didik berkarakter islami, berakhlak mulia, dan mampu mengintegrasikan nilai-nilai keimanan dalam kehidupan. Penelitian ini menganalisis konsep dasar kurikulum PAI, landasan filosofis, yuridis, psikologis, serta prinsip-prinsip pengembangannya. Kajian ini menggunakan pendekatan studi pustaka terhadap teori-teori kurikulum modern dan perspektif pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) harus berorientasi pada pengembangan kepribadian muslim yang utuh (holistik), relevan dengan kebutuhan zaman, fleksibel, dan berbasis nilai-nilai Qur’ani serta Sunnah. Prinsip kurikulum PAI meliputi prinsip relevansi, kontinuitas, efektivitas, efisiensi, integrasi, serta prinsip spiritualitas Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...