INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement
Vol 4 No 4 (2025)

Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran bagi UMKM Desa Cinta Manik Kab Garut

Yusuf, Ramayani (Unknown)
Murwenie, Ira (Unknown)
Avrianto, Alam (Unknown)
Akbar, Dioka Muhammad (Unknown)
Halimahnur, Wahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memproduksi media promosi atau marketing kit yang efektif dan siap digunakan. Pelatihan dilaksanakan bagi 20 pelaku UMKM di Desa Cinta Manik, Kabupaten Garut, dengan fokus pada pembuatan elemen marketing kit, seperti logo, kartu nama usaha, brosur, katalog produk, serta konten digital untuk media sosial. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, workshop, pendampingan, dan presentasi hasil. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mampu menghasilkan marketing kit dasar yang dapat langsung dimanfaatkan dalam pemasaran produk. Selain itu, pelatihan ini meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya identitas merek dan visual branding dalam meningkatkan daya saing produk UMKM. Kegiatan ini berdampak pada meningkatnya kualitas media promosi UMKM, serta mendorong kesiapan pelaku usaha dalam memanfaatkan pemasaran digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

income

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Artikel yang dimuat dalam INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat. Kegiatan ...