Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran narasi lokal dalam buku cerita anak sebagai mediainternalisasi nilai-nilai demokrasi pada siswa sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakanadalah kualitatif dengan desain studi kasus yang dilaksanakan di tiga sekolah dasar di KabupatenMalang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi pembelajaran, dan dokumentasiyang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwanarasi lokal mampu menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi sepertimusyawarah, menghargai pendapat, dan keadilan. Pembacaan dan diskusi terhadap cerita anak yangberakar pada budaya lokal membantu siswa memahami konsep demokrasi tidak hanya secarakognitif, tetapi juga secara afektif dan konatif melalui praktik musyawarah di kelas. Guru berperanpenting sebagai fasilitator yang menghubungkan pesan moral cerita dengan kehidupan nyata siswa.Temuan ini menegaskan bahwa integrasi narasi lokal dalam pembelajaran literasi sastra anak dapatmenjadi strategi inovatif dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila yang demokratis, kritis, danberbudaya
Copyrights © 2025