Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 6, No 2 (2025): Indonesian Journal of Social and Educational Studies (Article in Press)

Strategi Penguatan Kurikulum Berbasis MBKM dalam meningkatan Kesiapan Karir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) di Dunia Industri

Aslinda, Aslinda (Unknown)
Haerul, Haerul (Unknown)
Zainal, Henni (Unknown)
Akmal, Muh Ikramullah (Unknown)
Seppa, Yusi Irensi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi penguatan kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam meningkatkan kesiapan karir mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) terhadap kebutuhan dunia industri yang semakin kompetitif di era revolusi industri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif, disertai dengan needs assessment untuk mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi aktual dan ideal implementasi kurikulum MBKM di UNM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun UNM telah menerapkan berbagai program MBKM seperti pertukaran mahasiswa, magang, penelitian, proyek kemanusiaan, kewirausahaan, studi independen, dan KKN tematik, implementasinya belum sepenuhnya mampu menjawab tuntutan dunia kerja. Ditemukan sejumlah kesenjangan kompetensi (competency gap) antara capaian pembelajaran mahasiswa dan ekspektasi industri, terutama dalam aspek keterampilan praktis, soft skills, serta kesiapan profesional. Dunia industri menuntut lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga adaptif, komunikatif, berpikir kritis, dan menguasai teknologi digital. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, dirumuskan enam strategi penguatan kurikulum MBKM di UNM, yaitu: (1) integrasi kurikulum dengan kebutuhan industri melalui pendekatan Outcome-Based Education; (2) penguatan kemitraan strategis dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI); (3) peningkatan kompetensi dosen dan pembimbing MBKM; (4) penguatan soft skills dan employability skills mahasiswa; serta (5) pengembangan sistem sertifikasi dan (6) Monitoring dan evaluasi berkelanjutan. Strategi ini diharapkan mampu memperkuat relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja dan meningkatkan daya saing global lulusan UNM. Kata Kunci: MBKM, kurikulum, kesiapan karir, dunia industri

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...