Metode pembelajaran merupakan komponen penting dalam menentukan kualitas proses belajar mengajar, khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat MI/SD. Namun, praktik pembelajaran di lapangan masih didominasi metode konvensional yang bersifat satu arah, sehingga kurang mampu menumbuhkan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai inovasi metode pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD, meliputi metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, proyek, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, serta storytelling. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang inovatif mampu meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan motivasi belajar. Dengan demikian, guru perlu mengembangkan dan mengadaptasi metode pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik dan perkembangan teknologi. Inovasi metode pembelajaran tidak hanya merupakan kebutuhan pedagogis, tetapi juga strategi untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan pembentukan karakter peserta didik di era digital.
Copyrights © 2025