Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)
Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021

ANALISIS TIPE KESALAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PECAHAN DI SDI LUQMAN AL-HAKIM BOJONEGORO

Yektiana, Suen (Unknown)
Indriani, Ari (Unknown)
Kholidah, Neneng Rika Jazilatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal terkait operasi hitung pecahan berdasarkan Teori Newman pada siswa kelas IV SDI Luqman Al-Hakim Bojonegoro. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDI Luqman Al-Hakim Bojonegoro Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah observasi, soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung pecahan berdasarkan Teori Newman yaitu : (1) kesalahan memahami masalah yaitu siswa tidak lengkap dalam menuliskan informasi yang ada dalam soal, (2) kesalahan transformasi masalah yaitu siswa tidak bisa menulis operasi hitung yang digunakan dengan benar, (3) kesalahan ketrampilan proses yaitu siswa tidak menggunakan prosedur penyelesaian dengan benar, (4) kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu siswa tidak dapat menuliskan kesimpulan dengan benar. Kesalahan yang tidak dilakukan siswa adalah kesalahan membaca soal.Kata kunci: Kesalahan; Newman; Konsep; PecahanAbstract: This research to describe the types of students concept errors in solving problems fraction operation  with the Newman’s theory in the fourth grade Luqman Al-Hakim Integral Elementary School Bojonegoro. The approach research used is a qualitative approach with a qualitative descriptive type. The subject is  fourth grade Luqman Al-Hakim Integral Elementary School Bojonegoro in 2020/2021 Academic Year totaling 22 students. The research method used is observation,  test questions, interview, and documentation. The research data show that the types of students concept errors in solving problems fraction operation  with the Newman’s theory : (1) comprehension errors, students are not complete in writing the information in the questions, (2) transformation errors, students can’t write which arithmetic operations are used correctly, (3) process skill errors, students don’t use solution the procedure correctly, (4) conclusion errors, students can’t write conclusions correctly. The error that the students didn’t make was a reading error. Keywords: Error, Newman, Concept, Fraction

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTHOMS

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Computer Science & IT Education Engineering Other

Description

The aim of this journal is to publish high-quality research in science and mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as ...