Indomaret merupakan jaringan minimarket waralaba yang ada di Indonesia. Indomaret sangat mudah ditemukan di berbagai daerah, baik di kota maupun di desa. Indomaret menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok serta kebutuhan sehari-hari. Namun keberadaan Indomaret di Indonesia memiliki pesaing yang kompetitif, salah satunya adalah Alfamart. Oleh karena itu Indomaret harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan untuk dapat bersaing dengan minimarket lainnya. Pelayanan yang baik dinilai mampu menarik pelanggan agar mereka senang dan nyaman ketika berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kasir pada Toko Indomaret Laladon Kab. Bogor serta untuk mengetahui apa saja hambatan atau kendala yang dialami oleh kasir pada saat melayani pelanggan. Penelitian ini mengguanakn metode penelitian secara deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pelanggan secara acak. Kuesioner tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran penilaian terhadap pelayanan kasir toko Indomaret Laladon Kab. Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil kuesioner penilaian terhadap pelayanan kasir dinilai sangat baik, dikarenakan kasir melayani konsumen sudah sesuai dengan SOP perusahaan. Namun, peneliti seringkali menemukan adanya kendala atau hambatan ketika melayani pelanggan yaitu terjadinya error system pada komputer utama kasir, sedangkan komputer utama kasir hanya ada satu unit sehingga menghambat pelayanan atau menumpuknya antrian.
Copyrights © 2025